[Press Release #16] Bahaya Terlalu Lama Menunda Makan.

Bagi kalian yang ingin megetahui Informasi tentang EMS, Silahkan cek disini!
Image

Moderators: Leader Faction, High Command, Command Team

Post Reply

Topic author
Valentine Czernikov
Retired Staff
Posts: 290
Joined: Sat Feb 24, 2018 10:30 am

Wed Nov 07, 2018 3:22 pm

LOS SANTOS MEDICAL DEPARTEMENT
PRESS RELEASE
"Serving with Courage, Integrity, and Pride"
.
Bahaya Terlalu Lama Menunda Makan.
Written by Raulinho Morales ,GD.



Pada hari ini tepat nya tanggal 7 November 2018, Saya Raulinho Morales selaku EMT II, akan memberikan info tentang Bahaya Terlalu Lama Menunda Makan., info yang akan saya sampaikan sebagai berikut:


Menahan lapar untuk alasan apapun seperti terlalu sibuk sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan. Apa saja efek buruk menahan lapar bagi tubuh?

Terlalu lama menahan lapar bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi penting yang berfungsi memberikan energi dan menjaga kelangsungan organ-organ di dalam tubuhnya agar bisa bekerja secara optimal.

Kondisi ini biasanya dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang salah. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup maka berdampak pada proses metabolisme, yaitu:

1. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama 4 jam maka tubuh akan menggunakan cadangan glukosa untuk membantu fungsi otak.

2. Setelah 8 jam tubuh mulai menggunakan glikogen yang disimpan di hati untuk mengekstrak energi, proses ini disebut dengan glikogenolisis yang mana mengubah glikogen menjadi glukosa.

3. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan makan selama 12 jam maka akan menggunakan glikogen yang disimpan dalam otot, selain itu tubuh juga menggunakan lemak yang tersimpan.

Selain mempengaruhi fisik, menahan lapar dalam jangka waktu lama juga berdampak pada fisiologis, emosional dan fungsi kognitif. Umumnya ia akan merasa kelelahan, pusing, mengantuk, rambut rontok serta kulit menjadi cepat kering.

Jika kebiasaan menahan lapar ini dilakukan setiap hari maka bisa menimbulkan konsekuensi yang serius seperti kelemahan otot, ketidakseimbangan elektrolit, sembelit, mudah merasa dingin, perubahan tekanan darah, menurunnya sistem kekebalan tubuh, detak jantung yang tidak teratur hingga gagal ginjal.

Sedangkan dampak terhadap emosionalnya adalah menjadi lebih sensitif, mudah marah, depresi dan kegelisahan. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan amsalah mental yang lebih serius seperti kehilangan emosi dan kemampuan kognitif yang rusak.





RamonaVab
Citizen of San Andreas
Posts: 1
Joined: Wed Aug 28, 2019 5:46 pm
Location: Honduras
Contact:

Fri Oct 18, 2019 1:16 pm

For the life of me, I do not know.
Post Reply